- Home »
- Animasi 3D , College »
- Praktikum Animasi 3D (2) – Camera Path, Lighting, and Material
Mud
On Minggu, 12 Maret 2017
Praktikum 2 : Camera Path, Lighting, and Material
Pada praktikum
ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu
Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan
spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.
2. Alat
Adobe
Illustrator CC
Maxon Cinema 4D
R16
Time Lapse
Assembler / Adobe After Effect
3. Bahan
Hasil praktikum
sebelumnya
4. Dasar Teori
- Perbedaan antara motion guide pada flash dengan camera path
Motion guide
pada flash biasanya digunakan untuk membuat animasi yang mengikuti sebuah
lintasan tertentu. Sedangkan pada camera path yang digunakan pada cinema4D yang
bergerak merupakan arah penglihatan terhadap objek dari sisi depan kamera.
- Perbedaan antara Physical Sky dan Area Light!
Physical Sky
adalah proses pemberian warna pada background berdasarkan warna langit pada
waktu tertentu. Sementara Area light merupakan proses pemberian cahaya terhadap
objek. Bisa diibaratkan, Area light merupakan matahari sedangkan Physical sky
adalah langit sehinggan objek yang kita buat dapat terlihat karena adanya
bantuan area light.
- Material dan contoh penggunaannya
Proses pemberian
warna, tekstur, dan pengaturan lain seperti specular diffuser dll dengan
menggunakan tools material.
5. Hasil Praktikum
a. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera
path.
Pada percobaan
ini didapatkan efek Zoom out dan Zoom in logo sesuai dengan arah kamera.
b. Lighting sederhana dan mudah menggunakan
Physical Sky dan Area Light.
Pada percobaan ini, kita bisa mengatur
warna background dan memberikan cahaya tambahan pada logo.
c. Menambahkan material
Pada percobaan ini, kita dapat merubah
warna logo menggunakan materi shader Danel.
d. Hasil Render
d. Hasil Render
6. Kesimpulan
Pada praktikum ini kesulitan yang saya
alami adalah pada mengarahkan arah kamera. Arah kamera ini sangat menetukan
pergerakan logo, jadi penempatannya harus pas dan sesuai. Oleh karena itu
diperlukan kesabaran dan kejelian saat menentukan dan mengatur arah kamera.
Diberdayakan oleh Blogger.
