Blog Archive

Popular Post

Mud On Selasa, 22 November 2016

Assalamualaikum, kembali dengan posting seputar Animasi 2D
Masuk ke minggu 12 ini materi yang diberikan adalah Walk Cycle.Walk Cycle adalah serangkaian frame atau ilustrasi yang ditarik dalam urutan loop sehingga membuat karakter bergerak.
Materi kali ini bisa dibilang cukup ribet karena mengatur pergerakannya satu-per satu, dan untuk menghasilkan gerakan jalan yang mulus juga cukup menguji kesabaran.
Beberapa kali saya sempat mengalami kegagalan, yang gambarnya kurang sesuai, gerakannya kurang mulus dan juga masalah dengan timing.

Langkah-langkah membuat Walk Cycle kurang lebih begini :
  1. Pertama siapkan karakter yang akan dibuat walk cycle. Pisahkan bagian-bagian anggota tubuh agar proses menggerakkannya lebih mudah. Bisa buat ke format PSD atau AI
  2. Setelah itu seperti biasa buat new composition. Pilih import dan masukkan file karakter tadi. 
  3. Disetiap layer anggota tubuh yang terpisah-pisah itu pilih position dan rotation kemudian tekan tanda stopwatchnya.
  4. Mulailah gunakan puppet tool untuk mengatur gerakan.
  5. Agar lebih mudah, bisa juga masukkan gambar referensi Walk Cycle, lalu kita tingga mengikuti gerakannya.
  6. Atur timing pergerakan sedemikian rupa
  7. Setelah dirasa benar, copy dan pastekan keyframe puppet-puppet tadi agar gerakan berulang-ulang,
  8. Untuk mempercantik dan memperkuat gerakan walk cycle, masukkan juga background. 
  9. Atur dan geser position background sehingga background bergeser
Dan berikut hasil render Walk Cycle saya. Masih acakadut, tapi rasanya ini yang paling berhasil diantara percobaan-percobaan saya sebelumnya :D

 
Baiklah sekian postingan seputar Walk Cycle ini, semoga kemampuan mem-puppet ini semakin baik di project selanjutnya :D
 
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.